Top Ad unit 728 × 90

TUGU MUDA SEMARANG

seperti janji saya kemarin yang akan mengulas tempat seru lainnya disemarang, kali ini kita akan mengulas TUGU MUDA semarang. kenapa namanya tugu muda ya guys bukan tugu semarang atau tugu apa gitu?????????.
eeeeeeeiiiiiiiiiiiiiitttttttttt........jangan salah guys tugu muda ini merupakan tempat bersejarah lho...

Tugu Muda merupakan sebuah monumen bersejarah kota Semarang yang dibangun untuk mengenang Pertempuran Lima Hari di Semarang melawan penjajah Jepang. Tugu Muda ini menggambarkan tentang semangat berjuang dan patriotisme warga semarang, khususnya para Remaja yang gigih, rela berkorban dengan semangat yang tinggi mempertahankan Kemerdekaan Indonesia pada Umumnya dan mempertahankan kota Semarang pada khususnya. Tugu Muda didirikan atas prakarsa Koordinasi Pemuda Indonesia. Namun, karena mengalami sebuah kendala dalam pendanaan, akhirnya rencana inipun gagal. Pada tahun 1951 dibentuklah Panitia Tugu Muda yang diketuai Subeno Sosro Wardoyo (Walikota Semarang pada saat itu). Desain Tugu Muda sendiri dirancang oleh Salim, sedangkan pada bagian relief dikerjakan oleh seniman yang bernama Hondro.

Tugu Muda merupakan sebuah monumen bersejarah kota Semarang yang dibangun untuk mengenang pertempuran 5 hari di Semarang. Pertempuran ini adalah perlawanan terhebat rakyat Indonesia terhadap Jepang pada masa transisi. LAWANG SEWU menjadi saksi bisu perjuangan anak-anak muda Semarang yang dimulai pada 15 Oktober 1945, hingga kemudian berakhir 20 Oktober 1945 itu.

Tugu Muda Semarang terletak di tengah persimpangan Jalan Pandanaran, Jalan Mgr Sugiopranoto, Jalan Imam Bonjol, Jalan Pemuda dan Jalan Dr. Sutomo. Sebelah Utara Tugu Muda ini terdapat Gedung Pandanaran di sebelah Timur terdapat Lawang Sewu, di sisi selatan berhadapan dengan Museum Mandala Bhakti, serta di sebelah barat Tugu Muda terdapat Wisma Perdamaian.

Makna dari Tugu Muda yang berbentuk seperti lilin yakni semangat juang para pejuang untuk mempertahankan kemerdekaan RI tidak akan pernah padam. Penampang Tugu Muda berbentuk segi lima. Tugu ini terdiri dari 3 (tiga) bagian yaitu landasan, badan dan kepala. Pasa sisi landasan tugu terdapat relief. Keseluruhan tugu dibuat dari batu. Untuk memperkuat kesan tugunya, dibuat kolam hias dan taman pada sekeliling tugu.

untuk saat ini tugu muda biasa dijadikan tempat nongkrong anak-anak muda daerah semarang dan sekitarnya untuk kumpul-kumpul. sekedar nongkrong atau berfoto-foto ria bersama sahabat,keluarga atau orang yang dicintai.

bagi kalian yang bukan orang semarang atau tak punya saudara atau teman di semarang bisa menginap di hotel-hotel daerah tugu muda banyak juga losmen-losmen kelas melati yang lumayan lah nuat merebahkan tubuh melepas lelah.

sedikit cuplikan tentang tugu muda nih guys.























lho..lho..lho....masih yakin nih enggak pingin kunjung ke semarang guys......
masih banyak lho guys tempat asik disemarang lainnya,tapi kita bahas lain waktu lagi.
selain menikmati keindahan kita juga bisa belajar dan mengenang sejarah masa lalu.
seperti kata pak karno jangan melupakan sejarah.

TUGU MUDA SEMARANG Reviewed by putu denan on 6:20 AM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by explore semarang © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.